Cara Stek Pohon Apel Anti Gagal

Bagi penghobi tanaman baik tanaman hias pun buah pasti mempunyai keingintahuan cara bercocok tanam yang benar karena ilmu bertanam ini sama seperti ilmu pengetahuan lainnya yang terus berkembang dan semakin praktis.


Dari tahun ke tahun cara bertanam tanaman, perbanyakan tanaman pun pemupukan selalu update karena para insinyur pertanian, para orang yang hobi bertanam terus mencoba melakukan yang terbaik dalam bertani, hal ini dilakukan untuk kemajuan cara-cara bertanam yang lebih baik.

Begitupun cara perbanyakan tanaman dengan cara stek yang saya tulis dibawah ini, merupakan salah satu cara terbaru.

Cara Stek tanaman buah apel, anti gagal dan pasti berhasil asal dilakukan dengan cara yang benar-benar sesuai dengan panduan dibawah ini.


  1. Potong batang pohon apel (batang yang bagus), batang yang bagus itu biasanya mengambil dari pucuk ke bawah atau tunas baru yang sudah tumbuh. 
  2. Kupas kulit batang yang akan di stek pada bagian bawah bakal tumbuh akar kurang lebih 2cm dari paling bawah. 
  3. Oles atau gosok bagian batang bakal tumbuh akar dengan bawang putih, ini fungsinya untuk merangsang tumbuh akar.
  4. Sebelum batang di tancap ke tanah, gunakan bonggol pisang, ambil bonggol pohon pisang kira-kira 3cm dan tancapkan batang stek ke bonggol pisang tersebut lalu barulah tanam ditanah(bonggol pisang berfungsi agar batang selalu cukup air dan cukup nutrisi bagi tanaman untuk diserap). 
  5. Tutup pohon dengan plastik(untuk mengurangi penguapan), simpan ditempat yang teduh dan siram secukupnya, kurang lebih dalam 8 minggu tanaman sudah mulai tumbuh tunas baru itu berarti akar sudah tumbuh namun masih sedikit. pindahkan pohon jika akar tanaman apel sudah mulai banyak ke tempat yang cukup sinar matahari. 


Itulah cara stek batang pohon apel anti gagal yang pernah saya coba, semoga bermanfaat, selamat mencoba semoga berhasil.

*Cara stek pohon yang saya uraikan di atas bisa juga di terapkan pada pohon sirsak

Bibit Pohon Lainnya, Unik dan Langka

atau
Kunjungi Youtube Channel saya dan lihat vidio-vidio tutorial cara bartanam yang benar, cara stek pohon, cara cangkok dan akan ada banyak lagi vidio-vidio lainnya yang bermanfaat karena saya terus berexperimen mencari tahu cara terbaik dalam berkebun sebagai hobi di waktu libur kerja.  semoga bermanfaat.

Kunjungi Channel youtube GressKebunMini


Klik YouTube untuk subcribe ke channel GressKebunMini

Baca Juga 

Comments

Terpopuler

Miracle Fruit atau Buah Ajaib, Cara Tanam Pohon Miracle Fruit

Cara Tanam Pohon Bidara Dari Stek Batang

Tanaman Buah Ajaib,Miracle Fruit Yang Membooming Di Jual

Manfaat Buah Sirsak, Apel dan Manggis